Cara Mudah Membuat Bootable USB dan Install Kali Linux Mode UEFI Boot

Cara Mudah Membuat Bootable USB dan Install Kali Linux Mode UEFI Boot Sahabat Gudang Ilmu yang budiman, kali ini Gudang Ilmu akan menyajikan informasi menarik untuk menambah wawasan keilmuan anda semua yang berjudul Cara Mudah Membuat Bootable USB dan Install Kali Linux Mode UEFI Boot dengan persiapkan matang untuk anda baca semua. Semoga informasi ilmu yang kami sajikan mengenai Artikel Artikel, dapat memberikan uilmu bermanfaat bagi anda semua dan nusa bangsa.

Judul : Cara Mudah Membuat Bootable USB dan Install Kali Linux Mode UEFI Boot
link : Cara Mudah Membuat Bootable USB dan Install Kali Linux Mode UEFI Boot

Masih bingung cara membuat bootable USB Kali Linux mode UEFI untuk install? Kenapa harus UEFI?
Sekarang ini tentunya sangat trend penginstalan OS dengan mode UEFI, hal tersebut tentu karena dituntut oleh kebutuhan hardware dan kemajuan teknologi. Namun belum tentu semua OS itu mendukung UEFI.

Cara membuat usb live persistent linux


Nah berhubung semalam penasaran karena gagal membuat bootable Kali Rolling mode UEFI padahal di situs official disebutkan bahwa Kali telah support UEFI saya pun berinisiatif mencari permasalahan yang ada. Dari analisa yg saya lakukan, saya temukan ternyata ;
  1. File ISO Kali Linux belum terekstrak folder EFI maupun bootloader berbau EFI Firmware. Sehingga saat membuat bootable dengan bantuan Rufus yang di set agar mode UEFI, RUfus akan menunjukan pesan error.
  2. File EFI pada ISO Kali Liux sudah ada di direktori /boot dengan nama efi.img. Permasalahnya Windows dan Rufus tidak bisa membuka file image tersebut.
Sebenarnya kita dapat membuat bootable seperti biasa dan tinggal menambahkan file EFI untuk bootloader. Namun untuk menghindari kesalahan maka saya memutuskan untuk memberikan tutor yang lebih singkat dan mudah dijalankan.

Pada pembuatan bootable kali ini kita akan menggunakan mode restore image dengan 'dd'. Linux user atau Mac user pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Untuk bahan kita hanya membutuhkan Rufus dan master Kali Linux x64.

Catatan : Mengapa untuk UEFI harus 64 bit? Hal tersebut pernah saya bahas pada artikel sebelumnya dengan judul Perbedaan UEFI dan Legacy BIOS pada bootable.

Rufus dapat didownload DISINI dan untuk master Kali Linux ada DISANA

Untuk tutorialnya kurang lebih sama seperti saat pembuatan bootable dengan Rufus seperti biasa, hanya saja ada beberapa catatan. Berikut urutannya;

Requitment :
- UFD minimal 4 GB (Pastikan tidak ada data penting, karena nantinya akan diformat. Saya sarankan backup terlebih dahulu jika memiliki data penting di UFD tersebut)
- Master ISO Kali Linux 64-bit. Link ada diatas.
- Rufus versi terakhit. Link ada diatas.
- Koneksi Internet.

  1. Tancapkan UFD, pastikan terbaca dan memiliki letter address pada Windows Explorer. Kemudian buka dan jalankan sebagai admin software Rufus.
  2. Setelah terbuka langsung saja pilih file iso Kali Linux 64 bit yang sudah di download.
    Penting ! Untuk konfigurasinya samakan seperti gambar berikut, pastikan memilih DD Image.

    membuat usb bootable kali linux rufus
  3. Kemudian klik Start. Apabila muncul pesan notifikasi Syslinux pilih Yes. Pastikan koneksi internet lancar.

    membuat usb bootable kali linux rufus
  4. Setelah itu akan muncul pesan ISO Hybrid Image Detected. Pada bagian ini pilih DD Image Mode. Opsi ini dipilih agar file efi.img dapat terekstrak, sedangkan saya coba ISO mode file efi.img tidak terekstrak dan dibuang dari installer UFD.

    membuat usb bootable kali linux rufus
  5. Lalu konfirmasi pemformatan dan penghapusan data pada UFD yang digunakan.
  6. Kemudian tunggu proses copy hingga selesai.
  7. Pada hasil akhir kita dapat melihat lognya. Dapat dilihat bahwa UFD kita dibagi menjadi beberapa partisi.

    membuat usb bootable kali linux rufus

Setelah pembuatan selesai kita tinggal mencoba bootable tersebut untuk booting. Saya sendiri mencobanya pada notebook Dell dengan versi bios masih A09. Setingan bios yang saya gunakan seperti berikut;
  • CSM Support/Legacy Option ROM : Disable (dengan kata lain full UEFI) 
  • Virtualization for Direct I/O : Disable 
  • Secure Boot : Disable

Kemudian saat dibuka boot list manager, UFD sudah terlist secara otomatis. Atau jika belum terdeteksi, tambahkan secara manual.

kali linux mode uefi


instalasi kali linux uefi  
Untuk tampilan bootloader sendiri seperti ini.
 bootloader instalasi kali linux uefi

Berikut tampilan saat sudah full boot. Mudah bukan?

kali linux uefi


Nah sekian tutor yang bisa saya bagikan. Mungkin jikalau ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar. dan untuk masalah dualboot mungkin bisa dibaca di potingan Perbedaan UEFI dan Legacy BIOS pada bootable.

    Baca juga



    Gudang Ilmu : Cara Mudah Membuat Bootable USB dan Install Kali Linux Mode UEFI Boot

    Sekianlah artikel Cara Mudah Membuat Bootable USB dan Install Kali Linux Mode UEFI Boot kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel ilmu lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Membuat Bootable USB dan Install Kali Linux Mode UEFI Boot dengan alamat link https://dudangilmuku.blogspot.com/2018/07/cara-mudah-membuat-bootable-usb-dan.html

    Subscribe to receive free email updates:

    AdBlock Detected!

    Suka dengan blog ini? Silahkan matikan ad blocker browser anda.

    Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

    Thank you!

    ×